Analisis Real: Mata Kuliah Sulit yang Banyak Makna

doc. himaskaur.org Analisis real merupakan cabang dari analisis matematika yang membahas himpunan dan fungsi-fungsi dalam bilangan riil. Mat...

doc. himaskaur.org


Analisis real merupakan cabang dari analisis matematika yang membahas himpunan dan fungsi-fungsi dalam bilangan riil. Materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini di antaranya adalah sistem bilangan real, barisan bilangan real, limit fungsi, dan derivatif (turunan) fungsi. Mata kuliah ini dianggap sebagai salah satu mata kuliah tersulit di Matematika. Kebanyakan Mahasiswa menganggap mata kuliah ini sulit karena saat mengikuti mata kuliah ini dibutuhkan kesiapan belajar yang baik serta daya nalar dan logika yang tinggi. Namun, dibalik kesulitan mata kuliah ini tersembunyi makna yang luar biasa. Beberapa maknanya yakni:


1. Suatu barisan yang konvergen di adalah terbatas (Lemma 14.6; Bartle, 1975:93)

Eksosfer (radius hingga 1000 km) merupakan lapisan atmosfer yang berbatasan langsung dengan luar angkasa. Benda-benda yang dibatasi oleh lapisan ini akan jatuh ke bumi akibat pengaruh gaya gravitasi bumi. Dengan kata lain, benda-benda tersebut konvergen ke bumi. Meskipun sebenernya pada lapisan ini dominasi gravitasi bumi sangat lemah. Sementara itu, benda-benda yang tidak dibatasi oleh eksosfer tidak akan jatuh/konvergen ke bumi.


2. Jika sebuah barisan terbatas di R^n maka terdapat sub-barisan yang konvergen

Anologi: Perbuatan manusia adalah barisan terbatas karena hanya memiliki 2 nilai yakni {baik, tidak baik} artinya perbuatan bisa dikatakan tidak konvergen. Namun, perbuatan memiliki sub bagian yang konvergen yakni sub perbuatan yang konvergen ke arah baik dan sub perbuatan yang konvergen ke arah yang tidak baik.


3. Kekonvergenan barisan

Para astronot menemukan bahwa ka’bah mengeluarkan semacam radiasi. Ka’bah merupakan kiblat umat Islam dalam melaksanakan salat. Jadi, inilah konsep kekonvergenan barisan, bahwa semua umat Islam dalam melaksanakan salat menghadap kiblat dimana ka’bah sebagai pusat kiblat tersebut.


Selain makna di atas, ternyata dengan belajar analisis real bisa membuat kita sebagai mahasiswa berprestasi lho. Kok bisa? Ternyata analisis real adalah salah satu materi dalam perlombaan Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (KNMIPA-PT). Salah perlombaan bergengsi di kalangan mahasiswa. Selain bisa mewakili kampus, lomba ini juga bisa alat untuk berkeliling Indonesia dan menemukan relasi dengan kawan seperjuangan dari kampus lain. Namun, sayang sekali kondisi pandemi menjadi penghalang mewujudkan tujuan kedua, tapi yang paling utama adalah membanggakan kampus masing-masing.


Reporter: Sandi Saputra

Related

Teknologi 806226148139310276

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item