Buah Tin dan Manfaatnya

  Doc: Sehatq.com Dilansir dari Kompas.com, tidak hanya kurma yang kaya akan nutrisi. Buah tin atau buah ara juga bisa jadi kudapan buka pua...

 

Doc: Sehatq.com

Dilansir dari Kompas.com, tidak hanya kurma yang kaya akan nutrisi. Buah tin atau buah ara juga bisa jadi kudapan buka puasa atau sahur selama Ramadhan. Buah ara di dalam Al-Qur'an disebut dengan buah tin. Bahkan, buah ini juga disebutkan di dalam Al-Qur'an, yakni dalam Surah At-Tin. Bentuk buah tin menyerupai tetesan air mata. Ukuran buah ara ini sebesar ibu jari orang dewasa, dan berisi ratusan biji kecil, serta memiliki kulit buah berwarna ungu atau hijau yang bisa dimakan. Daging buah tin berwarna merah muda, teksturnya lembut dengan cita rasa manis.  

Buah bernama latin Ficus carica ini, seperti dilansir dari Healthline, memiliki kandungan nutrisi dan menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan. Seperti menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan membantu tubuh mengelola kadar gula darah. Buah ara yang segar, kaya akan nutrisi dan relatif rendah kalori sehingga bisa dijadikan sebagai nutrisi tambahan untuk diet, bahkan untuk Anda yang sedang menjalankan puasa Ramadhan. 

Buah tin sangat kaya akan tembaga dan vitamin B6. Tembaga adalah mineral penting yang terlibat dalam beberapa proses tubuh, termasuk membantu metabolisme dan produksi energi. Selain itu, tembaga juga membantu dalam pembentukan sel darah, jaringan ikat dan neurotransmiter. Sedangkan vitamin B6 adalah vitamin kunci yang diperlukan untuk membantu tubuh memecah protein makanan dan membuat protein baru. Fungsi vitamin B6 dalam buah Tin ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan otak.


Reporter: Zida

Related

Teknologi 9211666455142193965

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item