Senin, 03 Mei 2021

Peringati Hari Kebebasan Pers, AJI Adakan Diskusi

 

Diskusi publik AJI memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia


Dalam rangka memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung adakan diskusi publik bertajuk “Kebebasan Pers dan Berekspresi: Dalam Bayang-bayang Represi”. Senin (03/05), melalui zoom meeting.

Diskusi ini dilatarbelakangi atas kekerasan-kekerasan terhadap jurnalis. Bahkan, sepanjang Januari hingga April 2021 AJI mencatat tiga peristiwa yang berhubungan dengan kebebasan berekspresi. Pertama, pelaporan Mahasiswa Universitas Bandar Lampung (UBL) ke polisi usai demo menuntut keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Kedua, surat peringatan terhadap lima Gubernur Mahasiswa Politeknik Negeri Lampung (Polinela) karena berencana demo terkait UKT. Ketiga, skors dan drop out kepada sembilan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) setelah mendirikan sekretariat. Terkini, aksi memperingati May Day (Hari Buruh Internasional) di sejumlah daerah berujung penangkapan, kemarin. Turut pula ditangkap jurnalis pers mahasiswa yang meliput peringatan May Day.

Diskusi ini dihadiri oleh Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Lampung, Direktur LBH Bandar Lampung, dan para peserta diskusi dari beberapa Lembaga Pers Mahasiswa di Lampung. Diskusi diawali ungkapan testimoni dari peserta yang pernah mengalami tindakan kekerasan dan pelanggaran kebebasan berekspresi.


Reporter: Sandi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buletin Info Natural Edisi 99

Ilustrasi Sampul Buletin Info Natural Edisi 99 Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Natural Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam...