Tips-Tips Merawat Buku

  Doc. Gramedia.com Banyak sekali orang-orang saat ini memiliki buku-buku entah buku pelajaran, novel, dan sebagainya. Tidak sedikit yang ha...

 

Doc. Gramedia.com

Banyak sekali orang-orang saat ini memiliki buku-buku entah buku pelajaran, novel, dan sebagainya. Tidak sedikit yang hanya membiarkan buku tergeletak tanpa memerhatikan agar buku tetap terawat. Sebenarnya, buku itu akan cepat rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Dilansir dari Gramedia.com, bagi kalian yang menggandrungi buku fisik, jelas tidak hanya mengalihfungsikan buku sebagai pajangan apik ruangan saat selesai membaca. Namun, juga merawatnya untuk dapat dibaca kembali dengan kondisi yang tetap baik. Berikut beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat buku-buku:


1. Memastikan tangan bersih

Hal ini adalah yang paling mendasar, karena bisa jadi buku Anda cacat akibat ulah kotor tangan saat membaca. Selain mengurangi keindahan tampilan buku, kotoran yang menempel pada buku akan jadi faktor pertama buku terlihat usang. Untuk itu, hindari makan dan minum sambil membaca untuk mengurangi kemungkinan remah makanan atau tetesan air minum jatuh pada permukaan buku.


2. Tidak melipat ujung halaman

Menggunakan pembatas halaman yang tipis menjadi pilihan tepat untuk menandai bacaan Anda, karena tidak akan meninggalkan bekas pada halaman buku. Jangan lupa perhatikan ketebalan pembatas, karena penggunaan pembatas yang tebal akan meninggalkan bekas lengkung atau bahkan membuat jilid buku lepas.


3. Simpan buku dengan posisi berdiri

Hal ini dimaksudkan agar udara dapat tetap masuk ke dalam sela-sela buku, menumpuknya hanya akan membuatnya menjadi cepat lembap. Bahkan jika dibiarkan menumpuk dalam jangka waktu yang lama, lembaran-lembaran buku akan saling menempel dan huruf-hurufnya pun menjadi cepat pudar.


4. Meletakkan silica gel

Jika Anda menyimpan buku dalam lemari tertutup, ada baiknya untuk meletakkan silica gel atau kapur barus, untuk menyerap air yang dibawa udara. Hal ini juga bertujuan untuk menghilangkan bau tidak sedap dan ngengat yang datang entah dari mana. Setelah itu, jangan lupa untuk mengganti silica gel atau kapur barus secara berkala.

Berikut beberapa tips-tips yang dapat diterapkan untuk merawat buku-buku kesayangan kalian. Jangan lupa dicoba ya! (Siti)

Related

Tips-tips 8560591007270372845

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item