Tubuh Tetap Segar Meskipun Habis Begadang

doc. Popbella Begadang adalah suatu kebiasaan terjaga sampai larut malam dan tidur saat pagi datang. Kebanyakan seseorang begadang karena me...

doc. Popbella


Begadang adalah suatu kebiasaan terjaga sampai larut malam dan tidur saat pagi datang. Kebanyakan seseorang begadang karena melakukan suatu pekerjaan di malam hari. 

Begadang dapat membuat tubuh menjadi tidak segar dan lemas sehingga menjadi tidak fokus dalam melakukan aktivitas di keesokan harinya. Hal ini tentu sangat mengganggu. 

Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap segar meskipun harus begadang. Berikut pilihannya:


1. Tidur siang

Melansir The National Sleep Foundation, tidur siang pada hari berikutnya dapat membantu membalikkan beberapa efek negatif dari kurang tidur.

Namun, Anda dianjurkan untuk tidak tidur siang terlalu lama karena bisa merusak ritme tidur. Bisa jadi Anda malah merasa tidak mengantuk pada malam hari ketika mengambil waktu tidur siang terlalu lama.

Tidur siang selama 20-30 menit saat jam istirahat diyakini dapat membuat Anda lebih baik pada hari itu. 


2. Minum kopi

Minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein diyakini dapat meningkatkan ketajaman Anda.

Melansir dari Medical News Today, kafein adalah zat yang dapat merangsang sistem saraf. Ketika memasuki tubuh, kafein dapat meningkatkan detak jantung, tekanan darah, tingkat energi, hingga memperbaiki suasana hati.

Namun, kafein atau kopi ini tak boleh diminum terlalu banyak. Terlalu banyak mengonsumsi kopi malah bisa bikin tubuh lemah. Selain itu, terlalu banyak minum kopi bisa mengurangi kualitas tidur pada malam hari.


3. Berjemur di bawah sinar matahari

Melansir dari Health Line, paparan sinar matahari terbukti dapat meningkatkan pelepasan hormon serotonin di otak.

Hormon ini dapat memicu peningkatan suasana hati seerta membantu seseorang merasa lebih tenang dan fokus.

Tanpa paparan sinar matahari yang cukup, kadar serotonin Anda dapat menurun. Tingkat serotonin yang rendah juga dikaitkan dengan risiko depresi mayor. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk mencari sinar matahari agar terjaga setelah begadang.


4. Olahraga ringan

Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan setelah begadang agar darah dalam tubuh tetap mengalir dengan baik.

Melansir dari Harvard Health Medical School, olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan arteri. Olahraga juga terbukti dapat mengurangi stres yang mungkin dialami karena banyaknya pekerjaan.

Melansir dari Web MD, Brian B. Adams, MD, dari Dermatology Clinic di University of Cincinnati, mengungkapkan bahwa pengurangan stres bisa berdampak baik pada aktivitas yang akan dikerjakan.


Nah, itu tadi beberapa cara  yang bisa kamu pilih agar tubuh segar meskipun habis begadang. Tapi jika bukan hal yang mendesak jangan begadang ya, karena sering begadang juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.


Reporter: Zahra

Related

Tips-tips 7833025388934169729

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item