Gerhana Matahari Cincin

  Doc. goodnewsfromindonsia.id Gerhana matahari adalah fenomena alam yang terjadi ketika posisi bulan berada di antara matahari dan juga bum...

 

Doc. goodnewsfromindonsia.id

Gerhana matahari adalah fenomena alam yang terjadi ketika posisi bulan berada di antara matahari dan juga bumi, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Salah satu jenis gerhana matahari adalah gerhana matahari cincin. Gerhana cincin merupakan gerhana yang terjadi apabila piringan bulan saat mencapai puncak gerhananya hanya bisa menutupi sebagian piringan saja karena piringan bulan ternyata lebih kecil dibandingkan piringan matahari, sehingga tepat pada bagian sisi atau pinggirnya tidak tertutup sempurna dan membentuk layaknya cincin bercahaya akibat piringan matahari yang tidak tertutup.

Dilansir dari CNN Indonesia, gerhana matahari cincin bakal terjadi pada Kamis (10/06). Pada hari itu, bulan berada sangat jauh dari bumi kemudian akan menutupi matahari. Saat bulan menutupi matahari dilihat dari bumi, tepi lingkaran luar matahari masih terlihat. Bagian ini yang sering disebut ring of fire (cincin api). Cincin api ini perlu pelindung mata untuk menyaksikannya karena dapat menyebabkan kerusakan mata. Gerhana matahari cincin akan berlangsung sekitar 100 menit, dimulai saat matahari terbit di sisi utara Danau Superior (Ontario, Kanada), kemudian puncaknya terjadi pada siang hari di utara Greenland, lalu berakhir saat matahari terbenam di timur laut siberia. Tahap cincin api akan berlangsung 3 menit 51 detik.

Menurut Earth Sky, orang Eropa dapat menyaksikan gerhana sebagian dari awal sampai akhir, sedangkan di Asia gerhana sebagian akan terjadi di sore hari. Sayangnya, Indonesia tidak kebagian fenomena langit ini. (Sandi)

Related

Sains 3925612169757413274

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item