Selamatkan Primata Endemik Sumatra, HIMBIO Gelar PKSDA ke-25

Pembukaan PKSDA Ke-25 Himbio 2021 Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (HIMBIO) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universi...

Pembukaan PKSDA Ke-25 Himbio 2021

Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (HIMBIO) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) gelar Pembukaan Pekan Konservasi Sumber Daya Alam (PKSDA) ke-25 periode 2021. Senin (02/08), melalui Zoom Meeting. 

PKSDA secara resmi dibuka oleh Dekan FMIPA Unila, Suripto Dwi Yuwono. Pembukaan yang mengusung tema “Bersama Kita Bisa, Selamatkan Primata Endemik Sumatra” ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Jurusan (Kajur), Sekretaris Jurusan Biologi, Kepala Program Studi S1 Biologi, Kepala Program Studi S1 Biologi Terapan, Dosen-dosen Biologi, Pembina HIMBIO, Ketua Umum (Ketum) HIMBIO, dan perwakilan Lembaga Kemahasiswaan FMIPA Unila.

Dalam sambutannya, Viki Ramadan selaku Ketua Pelaksana menyampaikan kegiatan ini merupakan acara tahunan Mahasiswa Jurusan Biologi yang berusaha mengkampanyekan isu-isu konservasi. Tahun ini, PKSDA sudah mencapai rangkaian kegiatan hingga ke-25 yang akan berlangsung selama tujuh hari sejak 2 hingga 8 Agustus 2021. 

Doc. Natural

“Acara PKSDA tahun ini, mempunyai lima cabang lomba yaitu Aksi Lingkungan dengan 112 peserta, Olimpiade Biologi Konservasi dengan 34 peserta, Esai Konservasi dengan 23 peserta, Webinar Konservasi dengan 623 peserta, dan TikTok Challenge dengan 15 peserta,” lanjutnya.

Pada serangkaian kegiatan Webinar Konservasi akan diisi oleh tiga pemateri, yaitu :

1. Prof. Dr. Ir. Ibnu Maryanto, M.Si. (Peneliti Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), 

2. Prof. Jatna Supriatna, Ph.D. (Dosen Universitas Indonesia dan Ahli Biologi Konservasi Primata Indonesia), dan

3. Ismail Agung Rusmadipraja, S.Si. (Campaign Manager YIARI Indonesia).

Doc. Natural

“Dalam satu pekan, kita melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk menyokong konservasi. Konservasi tu sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu pelestarian, pemanfaatan, dan perlindungan. Sehingga kita sebagai mahasiswa maupun masyarakat umum untuk bersama-sama melestarikan, menjaga, melindungi, serta memanfaatkan sebijak mungkin sumber daya alam khususya Primata Endemik Sumatra,” ucap David Asadudin selaku Ketum HIMBIO.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat menarik, mudah-mudahan dengan semangat ini mahasiswa bisa menggali potensi sumber daya alam yang ada di Provinsi Lampung. Sehingga menjadi kegiatan yang berkelanjutan. Kami FMIPA maupun Unila selalu mendukung kegiatan kemahasiswaan sehingga kegiatan ini menjadi penunjang bagi mahasiswa dalam rangka belajar untuk mengenal lingkungan, menggali potensi sumber daya yang ada di Lampung,” tutup Suripto Dwi Yuwono. (Amanda, Inez)


Related

FMIPA 6814534708634511981

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item