Pemanfaatan PeduliLindungi

  PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan p...

 


PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Dilansir dari news.detik.com, Johnny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan pemerintah memang mengembangkan aplikasi PeduliLindungi sebagai upaya mengoptimalkan perlindungan kesehatan masyarakat. Untuk itu, ia berharap pemanfaatan teknologi digital ini juga bisa mempermudah dan menyingkat alur informasi, serta berperan efektif dan adaptif untuk diadopsi dalam beragam sektor.

"Pengaplikasian teknologi digital dalam mendukung penerapan protokol kesehatan dan 3T (Testing, Tracing, Treatment) adalah salah satu upaya krusial dalam pengendalian pandemi," ujar Johnny dalam keterangan tertulis, Kamis (26/8/2021).

Johnny menjelaskan aplikasi PeduliLindungi memungkinkan pemeriksaan status vaksinasi, hasil tes COVID-19, serta status kontak erat seseorang dengan pasien COVID-19. Ia pun menyebutkan PeduliLindungi bisa membantu setiap warga melakukan surveilans kesehatan berupa penelusuran (tracing), pelacakan (tracking) dan pengurungan (fencing) terhadap anggota masyarakat yang diduga mengidap COVID-19.

Hingga kini, aplikasi PeduliLindungi difokuskan pemanfaatannya pada enam sektor untuk melakukan skrining. Adapun keenam sektor tersebut antara lain Perdagangan (pusat perbelanjaan, pasar modern dan pasar tradisional), Transportasi (darat, laut, udara), Pariwisata (hotel, restoran, event/pertunjukan), Kantor/Pabrik (pemerintah, swasta, bank, pabrik besar, UMKM/IRT), Keagamaan (masjid, gereja, wihara, pura, kegiatan keagamaan), dan Pendidikan (PAUD, SD, SMP/SMA, Perguruan Tinggi).

"Mari kita manfaatkan PeduliLindungi sebagai wujud kepedulian kita akan perlindungan diri dan orang-orang tercinta. Dengan langkah sederhana ini, semua orang dapat berkontribusi dalam pengendalian pandemi," kata Johnny. (Lisna)

Related

Kesehatan 1093695674850361136

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item