Cerita di Balik Puasa Ramadan

Doc. freepik.com Bagi umat islam tentunya sudah tidak asing dengan puasa Ramadan. Namun, apakah yang melatarbelakangi puasa Ramadan?  Latar ...

Doc. freepik.com

Bagi umat islam tentunya sudah tidak asing dengan puasa Ramadan. Namun, apakah yang melatarbelakangi puasa Ramadan? 

Latar Belakang Puasa Ramadan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puasa artinya meniadakan makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja (terutama bertalian dengan keagamaan). Sedangkan menurut istilah, puasa artinya menahan diri dari makan, minum, hubungan seksual suami istri dan segala yang membatalkan sejak dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat karena Allah SWT.

Rasulullah SAW dan para sahabatnya telah mendapatkan perintah untuk mengerjakan puasa bahkan sebelum adanya puasa Ramadan. Dalam suatu hadis disebutkan Rasulullah SAW berpuasa tiga hari pada setiap bulannya di  hari Asyura. (HR. Abu Daud). 

Perintah Menjalankan Ibadah Puasa

Kemudian diturunkan perintah untuk mengerjakan puasa fardhu di bulan Ramadan dalam suatu ayat. Salah satu ayat Al-Qur'an yang berisi perintah Allah SWT yang mewajibkan umat Islam untuk berpuasa di bulan Ramadan, yaitu Q.S. Al- Baqarah: 183 yang artinya:

"Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu bertaqwa.”

Ayat lainnya terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 185 yang artinya: 

"Siapa diantara kalian yang menyaksikan bulan (Ramadan), maka berpuasalah."

Kemudian semua puasa yang telah ada sebelum puasa Ramadan tidak diwajibkan lagi dan kedudukannya menjadi puasa sunnah.

Rasulullah Menjalankan Ibadah Puasa

Rasulullah SAW telah berpuasa sebelum puasa Ramadan selama 17 bulan. Kewajiban puasa Ramadan disyariatkan pada tanggal 10 Sya‘ban di tahun kedua setelah hijrah Nabi SAW dari Mekah ke Madinah, pada saat turunnya perintah penggantian kiblat dari Masjidil Al-Aqsha ke Masjidil Al-Haram. Hal ini bersamaan dengan disyariatkannya salat ied, zakat fitrah, dan kurban. Semenjak itulah Rasulullah SAW menjalankan puasa Ramadan selama sembilan tahun hingga akhir hayatnya. 

Puasa Ramadan Bagian dari Rukun Islam

Puasa Ramadan merupakan bagian dari rukun Islam yang ke tiga. Oleh sebab itu, mengingkari kewajiban puasa Ramadhan termasuk mengingkari rukun Islam.

(Arif)

Related

Religi 7753154320814011812

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item