Selasa, 29 Maret 2022

Ini Dia, Alasan Kenapa Kalian Harus Masuk FMIPA


Doc. freepik.com

Saat ini siswa/i kelas tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) mungkin hampir sebagian besar telah memutuskan pilihannya untuk berkuliah di universitas dan fakultas yang diinginkan. Akan tetapi, masih ada sebagian siswa/i yang masih bimbang akan pilihannya. Meskipun jalur SNMPTN telah terlewati, namun masih ada jalur lain menunggu di masa depan. Dari sekian banyaknya fakultas di perguruan tinggi, mungkin banyak dari siswa/i yang sering meragukan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) karena prospek kerjanya ataupun karena hal yang lain. 

Nah, di sini MiNat akan menguraikan beberapa hal mengenai FMIPA yang sebenarnya sangat worth it untuk kalian pilih. Kenapa? Let’s check this out.

1. Kamu Suka Main di Laboratorium? FMIPA tempatnya!

Di FMIPA, kamu akan diberikan ilmu-ilmu mendalam mengenai bidang sains. Nah, kalau kamu misalnya suka melihat-lihat makhluk mikroskopis dan kepo banget soal hal-hal mikro, kamu bisa banget masuk FMIPA dan meneliti hal kesukaan kamu. Nantinya setiap hari kamu akan dibawa untuk menjelajahi dunia mikro melalui laboratorium. Seru banget loh!

2. Masuk FMIPA Bisa Meningkatkan Berpikir Logis dan Sistematis

Lho, kok bisa? Iya, bisa dong apalagi kalau kamu masuk jurusan Matematika atau Ilmu Komputer, di sana kamu akan dibawa untuk berpikir logis saat menyelesaikan permasalahan-permasalahan. Ketika kamu biasa merunutkan masalah sebelum diselesaikan secara tidak langsung kamu akan memiliki kebiasaan untuk berpikir logis dan sistematis.

3. Prospek Kerja yang Luas

Luas banget sampai kamu pasti bingung mau milihnya. Ilmu alam menyediakan banyak banget prospek kerja, contohnya kamu bisa jadi ahli statistik, data scientist, kerja di perusahaan e-commerce, LIPI, BPOM, dsb. 

4. Masuk FMIPA dapat Membuat Kamu Lebih Bersyukur

Nantinya setelah belajar di FMIPA, kamu akan dibuka wawasannya selebar mungkin mengenai alam tempat kamu tinggal. Kamu akan sadar betapa luar biasanya alam semesta ciptaan Tuhan ini. Ada banyak banget hal yang membuat kamu jadi bersyukur bisa diciptakan dan membuat kamu takjub akan luar biasanya cara kerja dunia ini. Contoh kecilnya seperti, metabolisme tubuh kamu. Pernah kepikiran enggak kenapa setelah makan kamu jadi bertenaga lagi?

Nah, kira-kira itu dia beberapa alasan yang bisa kamu jadikan alasan untuk mendaftarkan dirimu ke FMIPA. Semoga setelah membaca ini kalian jadi terbuka wawasannya mengenai FMIPA. Sukses selalu Sobat Natural.

(Nurul Isnaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HIMAFI Gelar Workshop Karya Tulis Ilmiah

Dok. Natural Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) mengadakan...