Ini Dia, Empat Fakta Menarik Tentang Supersemar

  Doc. fokusbanyumas.id Supersemar merupakan Surat Perintah 11 Maret yang dikeluarkan pada tahun 1966 oleh Soekarno kepada Soeharto. Surat i...

 

Doc. fokusbanyumas.id

Supersemar merupakan Surat Perintah 11 Maret yang dikeluarkan pada tahun 1966 oleh Soekarno kepada Soeharto. Surat itu “dikabarkan” bahwa Soekarno memberi mandat kepada Soeharto untuk memulihkan stabilitas politik nasional setelah peristiwa Gerakan 30 September (G30S PKI).

Momentum Peralihan Kekuasaan

Supersemar menjadi momentum peralihan kekuasaan dari Soekarno ke Soeharto atau dari orde lama ke orde baru. Surat tersebut juga menjadi surat sakti sebagai legitimasi Soeharto untuk mengambil alih pemerintahan.

Empat Fakta Menarik Supersemar

Banyak kontroversi yang masih diperdebatkan tentang Supersemar. Berikut ini fakta-fakta menarik tentang Supersemar:

1.        Naskah Aslinya Belum Ditemukan

Naskah asli dari Supersemar sampai saat ini masih belum ditemukan. Dilansir dari m.kumparan.com, Binner Sitompul, Kepala Pusat Jasa Kearsipan Arsip Nasional (ANRI) berkata, “Terhadap empat naskah Supersemar yang ada saat ini, tapi keempat-empatnya belum ada yang asli, "

Oleh karena itu, polemik mengenai naskah keaslian Supersemar tersebut membuat masyarakat mempertanyakan keabsahan dari orde baru.

2.        Sayembara Berhadiah Satu Miliar

Sejarawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Asvi Warman pada tahun 2019 pernah mengadakan sayembara yang berhadiah satu miliar untuk menemukan versi aslinya.

3.        Supersemar Dianggap sebagai Dasar Pergerakan Politik

Dibubarkannya Partai Nasional Indonesia (PNI) selaku partai terdepan pendukung Soekarno sebagai salah satu kebijakan Soeharto guna mengambil alih kekuasaan. Soeharto juga menahan lima belas orang Menteri yang dianggap terlibat dalam Gerakan 30 September (G30S PKI).

4.        Mempengaruhi Kebijakan Politik Luar Negeri

Gaya kepemimpinan Soekarno dan Soeharto sangatlah berbeda. Dengan adanya Supersemar, beberapa kebijakan politik luar negeri berubah. Contohnya saja, semakin akrabnya hubungan Indonesia dengan negara barat dan memburuknya hubungan Indonesia dengan Cina.

Nah, itu dia empat fakta menarik dari Supersemar. Masih ada beberapa perdebatan mengenai peristiwa ini, tetapi sebagai bangsa Indonesia kita perlu mengingat bahwa Supersemar termasuk perjalanan bangsa Indonesia setelah kemerdekaan. So, semoga pengetahuan sejarah kita bertambah ya, Sob.

(Siti Nurjanah)


Related

Sejarah 4450347060669712277

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item