Ini Dia, Jalur-Jalur Masuk Perguruan Tinggi

Doc. freepik.com Mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya merupakan impian hampir setiap orang. Pendidikan tinggi dapat mempermudah masa de...

Doc. freepik.com

Mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya merupakan impian hampir setiap orang. Pendidikan tinggi dapat mempermudah masa depan seseorang entah itu ketika dia mendaftar pekerjaan atau ketika dia menghadapi suatu permasalahan. Pendidikan tertinggi saat ini berada di tingkat universitas. Hampir semua siswa/i SMA mempunyai mimpi untuk masuk ke universitas impiannya dan berusaha sekuat tenaga untuk bisa belajar di sana.

Jalur Masuk Universitas

Sebentar lagi waktu pendaftaran ke perguruan tinggi akan diadakan. Pastinya banyak orang yang mencari-cari informasi tentang jalur-jalur pendaftaran perguruan tinggi. 

Berikut jalur-jalur pendaftaran perguruan tinggi:

1) SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) merupakan jalur masuk kuliah melalui prestasi akademik maupun non akademik yang dimiliki siswa. Jalur ini dapat dibilang sebagai salah satu jalur masuk kuliah yang paling banyak diminati oleh para siswa kelas 12. Karena melalui jalur ini, siswa tidak perlu belajar dan bersusah payah mengikuti ujian masuk.

Dahulu, jalur ini sering disebut sebagai 'jalur prestasi'. SNMPTN menggunakan nilai rapor siswa dari kelas 10 hingga kelas 12 semester ganjil dan disertai beberapa sertifikat dari ajang perlombaan yang diikuti siswa tersebut. 

SNMPTN akan diawali dengan penentuan jumlah peserta eligible melalui akreditasi yang dimiliki sekolah. Selanjutnya, pihak sekolah akan melakukan pemeringkatan siswa berdasarkan jumlah peserta yang eligible tersebut. Baru setelah itu, siswa akan diarahkan untuk melakukan registrasi SNMPTN di Lembaga Tinggi Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Selanjutnya, para siswa tinggal menunggu pengumuman di tanggal yang telah ditentukan oleh pihak LTMPT dan melakukan registrasi ulang di perguruan tinggi yang dituju apabila diterima.

2) SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah seleksi yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi LTMPT dengan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain (yang ditetapkan bersama oleh PTN). Jalur ini diperuntukkan untuk siswa/i yang tidak lolos SNMPTN dan diwajibkan membayar biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN.

3) Mandiri

Jalur mandiri merupakan jalur masuk perguruan tinggi yang kebijakannya bergantung kepada perguruan tinggi pendaftar. Jalur masuk mandiri di setiap universitas memiliki nama yang berbeda-beda. Contohnya di Universitas Indonesia disebut sebagai SIMAK UI dan di Universitas Lampung sendiri disebut sebagai Simanila (Seleksi Mandiri Universitas Lampung).

Simanila terdiri dari 6 jenis jalur, yakni:

1. Jalur Mandiri Simanila Reguler;

2. Jalur Mandiri Simanila Paralel;

3. Jalur Mandiri Simanila Vokasi;

4. Jalur Mandiri Simanila  PMPAP;

5. Jalur Mandiri Program Spesialis dan Profesi; dan

6. Jalur Mandiri Program Pascasarjana

Nah, itulah jalur-jalur masuk perguruan tinggi yang dapat ditempuh siswa/i. Meskipun kalian belum lolos jalur SNMPTN jangan patah semangat, kalian masih memiliki kesempatan untuk mengikuti jalur SBMPTN atau Mandiri. Meskipun jalan yang akan ditempuh setelah ini akan lebih berat, kalian harus tetap semangat untuk menggapai cita-cita dan masa depan yang lebih baik.

(Amri dan Nurul)

 

Related

Edukasi 2020238950104693267

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item