Langka Belum Tentu Tidak Berprospek

Doc. Gramedia.com Memasuki akhir masa-masa di Sekolah Menengah Atas (SMA) siswa/i sudah diharuskan memilih jurusan apa yang diinginkan ketik...

Doc. Gramedia.com

Memasuki akhir masa-masa di Sekolah Menengah Atas (SMA) siswa/i sudah diharuskan memilih jurusan apa yang diinginkan ketika melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Memilih jurusan bukanlah perkara mudah, bahkan data membuktikan bahwa 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan. Ada banyak hal yang dipertimbangkan ketika memilih jurusan kuliah, salah satunya terkait prospek kerja atau jenjang karier.

Langka, tapi Berprospek Tinggi

Berikut beberapa jurusan yang dikenal langka dan berprospek tinggi:

1. Jurusan Sastra Belanda

Jurusan yang hanya di Universitas Indonesia ini memang memiliki prospek kerja yang tinggi, diantaranya kamu bisa bekerja di kedutaan besar Belanda, bekerja di Erasmus Huis, bekerja sebagai interpreter, menjadi penulis, content creator, tutor, hingga menjadi tour guide baik di Indonesia maupun di Belanda yang tentunya asik banget kan.

2. Jurusan Astronomi

Jurusan yang hanya ada di Institut Teknologi Bandung ini terkenal memiliki prospek kerja yang tinggi. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja sebagai analis sistem di bidang astronomi dengan gaji mencapai 6,5 juta per bulan atau bisa menjadi pegawai pemerintahan di Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang gajinya bisa mencapai 5 juta per bulan.

3. Jurusan Teknik Transportasi Laut

Jurusan yang hanya ada di Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini terkenal memiliki prospek kerja yang tinggi mengingat kondisi Indonesia sebagai negara maritim. Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai pegawai di kementerian kelautan dan perikanan dengan gaji antara 2-3 juta, pegawai di kementerian perhubungan dan dinas perhubungan dengan gaji mulai dari 3 juta dan terus bertambah sesuai golongan, atau bisa juga meniti karier dibidang perbankan khususnya pembiayaan infrastruktur maritim dengan gaji mulai dari 3 juta hingga belasan juta.

4. Jurusan Teknologi Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan yang hanya ada di Universitas Airlangga ini memiliki prospek yang tinggi mengingat pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 dimana industri tidak terbatas pada otomasi berbasis komputer melainkan beranjak menuju sistem siber fisik seperti Internet of things, cloud computing, dan cognitive computing. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bagian riset dan pengembangan di institusi, lembaga dan perusahaan maupun bekerja sebagai tenaga ahli otomasi industri, tenaga ahli kecerdasan buatan, tenaga ahli robotika, tenaga ahli pengaplikasian komputer tertanam, dan tenaga ahli pengembang perangkat lunak.

5. Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen

Jurusan yang hanya di Institut Pertanian Bogor ini menyajikan beragam prospek kerja yang bagus, diantaranya bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat, pendidik dan pengelola pendidikan anak usia dini dan usia sekolah, perusahaan jasa konsultan di bidang keluarga, tumbuh kembang anak dan pemberdayaan wanita dan masih banyak lagi.

Jurusan-jurusan diatas bisa dijadikan pertimbangan buat kalian ya, Sob. Tapi, menurut MiNat terlepas dari prospek kerjanya yang tinggi, kalian harus pastikan bahwa jurusan yang akan kalian ambil sesuai dengan passion kalian, karena kalau sudah sesuai passion maka kalian akan lebih enjoy saat kuliah nantinya.

(Sandi)

Related

Edukasi 8608263200820695399

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item