Lima Manfaat Berpuasa

Doc. freepik.com Bulan suci Ramadan adalah bulan yang di nanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan suci ini umat muslim d...

Doc. freepik.com

Bulan suci Ramadan adalah bulan yang di nanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan suci ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Selama berpuasa kita tidak boleh makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Ada sebagian orang yang menganggap bahwa berpuasa dapat mengganggu kesehatan, tetapi kenyataannya berpuasa dapat menyehatkan tubuh. 

Dilansir dari alodokter, berikut adalah manfaat dari berpuasa: 

1. Menurunkan Berat Badan Tubuh

Menurunkan berat badan adalah salah satu manfaat dari berpuasa. Berpuasa juga akan mempertahankan berat badan yang ideal. Metabolisme pada tubuh akan meningkat, sehingga pembakaran kalori dan lemak akan meningkat. Hal ini menyebabkan berat badan menurun.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selama berpuasa kita akan mengatur pola makan yang lebih sehat. Maka dengan itu asupan kolesterol dan kalori yang berlebihan akan berkurang. Berpuasa juga akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi

3. Mengurangi Resiko Terkena Diabetes

Saat berpuasa tubuh akan meningkatkan kinerja insulin yang mengatur gula darah dalam tubuh. Berpuasa juga dapat mencegah resistensi insulin dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Mengurangi Resiko Munculnya Kanker

Berpuasa dapat membuat metabolisme tubuh akan mempersulit sel kanker untuk tumbuh. Sehingga, resiko munculnya kanker saat berpuasa akan berkurang.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Saat berpuasa akan menurunkan kadar hormon stress dan hormon endorfin yang akan mengurangi kecemasan. Berpuasa juga akan membuat diri kita menjadi lebih tenang.

(Adryan Daffa)

Related

Religi 4676591813684052963

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item