Mengenal Proses Penemuan Fosil Hewan Purba

Doc. detik.com Hewan purba merupakan hewan yang hidup di masa lalu yang mengalami kepunahan, contohnya adalah dinosaurus. Dinosaurus merupak...

Doc. detik.com

Hewan purba merupakan hewan yang hidup di masa lalu yang mengalami kepunahan, contohnya adalah dinosaurus. Dinosaurus merupakan hewan raksasa yang jejaknya sendiri ditemukan melalui keberadaan fosilnya. 

Apa Itu Fosil?

Fosil adalah jejak sisa dari hewan purba yang terbentuk setelah bertahun-tahun lamanya. Fosil dapat berupa tulang, gigi, cakar, dan tanduk. Fosil ditemukan dengan cara menggali dengan hati-hati dan dipelajari dengan baik agar dapat memberitahukan banyak asal-usul tentang dinosaurus dan lingkungan hidupnya pada zaman purba. 

Dilansir dari detik.com cara proses penemuan, tempat, dan pengerjaannya fosil yang ditemukan, berikut penjelasannya:

Proses Pembentukan Fosil

• Kebanyakan fosil terbentuk dalam air saat bagian keras tertutup pasir atau lumpur. Ketika lapisan terbawah dan di dalam tubuh tertekan, membatu, dan menjadi fosil.

• Fosil muncul kembali ke permukaan setelah jutaan tahun akibat pergerakan bumi, pelapukan oleh air, angin, dan hujan es.

• Bekas keberadaan hewan juga dapat menjadi fosil. Contohnya, jejak kaki dinosaurus di lumpur. Kedalaman dan jarak antar jejak menunjukkan dinosaurus tersebut sedang berjalan atau berlari.

Tempat Penemuan Fosil

Fosil dapat mudah ditemukan apabila batuan tidak tertutup tanah atau pepohonan. Fosil akan muncul ke permukaan atau harus digali. Tempat penemuan fosil disebut dengan situs penggalian. Sedangkan orang yang mempelajari fosil adalah Palaentolog.

Proses Pengerjaan dan  Pembersihan Fosil

Proses pembersihan fosil meliputi pembersihan tanah dengan beliung dan sekop, lalu pengelupasan serpih batuan menggunakan palu kecil, pahat, dan mengikis serta dibersihkan dengan hati-hati dengan sikat gigi. Pada setiap tahapnya, fosil diukur, digambar, difoto, diberi penjelasan tertulis, lalu diangkat.

Beberapa fosil dan gumpalan batuannya mudah hancur. Fosil dapat dipindahkan ke tempat lain dengan menggunakan wadah yang terbuat dari gips. Fosil yang lengkap disebut Sue. 

Contohnya, fosil dari Tyrannosaurus yang hampir lengkap seluruh kerangkanya ditemukan tahun 1990. Tengkoraknya sedikit retak dengan panjang 1,5 m dan berat sepertiga ton.

(Cindy dan Shelo)

Related

Saintek 3897896716932766107

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item