Kamis, 17 Maret 2022

Mengulik Badai Matahari atau Geomagnetik









Badai Matahari
Doc.nasa.gov

Baru-baru ini, Bumi dilanda dampak dari badai matahari atau yang disebut juga sebagai geomagnetik. Fenomena ini terjadi selama dua hari, tepatnya pada tanggal 14-15 Maret 2022 yang lalu. Meski bukan hal yang berbahaya, badai matahari dapat menyebabkan beberapa kendala pada GPS, jaringan ponsel, ataupun TV. 

Sebenarnya bagaimana badai matahari dapat terjadi? 

Dilansir dari laman National Aeronautics and Space Administration (NASA), matahari memiliki siklus yang disebut sebagai solar cycle atau siklus matahari, dimana gas bermuatan matahari bergerak dan menyebabkan medan magnet yang kuat. Siklus ini rata-rata terjadi setiap sebelas tahun dan mengakibatkan pertukaran kutub matahari (kutub selatan dan utara bertukar posisi). 

Siklus Matahari (Solar Cycle)

Untuk mengetahui siklus tersebut, peneliti menghitung jumlah sunspots atau flek-flek yang muncul pada permukaan matahari. Melalui sunspots, peneliti dapat menyimpulkan apakah matahari sedang mengalami solar minimum atau solar maximum berdasarkan jumlah sunspots yang terlihat. Ketika siklus ini terjadi, matahari akan mengalami peningkatan erupsi pada matahari dan menyebabkan suar matahari dan lontaran massa koronal matahari meningkat. 

Peningkatan aktivitas ini menyebabkan ledakan besar partikel energi dan muatan ke angkasa. Ledakan ini dapat sampai ke permukaan bumi dengan kecepatan 3 juta mil per jam atau setara dengan 5 juta kilometer per jam dan menyebabkan aurora. Rangkaian aktivitas ini lah yang kemudian kita sebut sebagai badai matahari.

Badai Matahari Tidak Berbahaya bagi Manusia di Bumi

Pada dasarnya, badai matahari bukanlah hal yang berbahaya bagi manusia di Bumi. Namun, perlu diketahui, ledakan gelombang yang disebabkan matahari dapat berdampak pada kelancaran jaringan. Selain itu, badai matahari juga dapat mengakibatkan radiasi yang cukup berbahaya bagi astronot yang bekerja di luar stasiun luar angkasa. 

(Sugar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buletin Info Natural Edisi 99

Ilustrasi Sampul Buletin Info Natural Edisi 99 Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Natural Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam...