Perkuliahan Luring 1 April, Bagaimana Nasib FMIPA?

Doc.Natural Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) berencana melaksanakan kegiatan pertemuan tata...


Doc.Natural

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) berencana melaksanakan kegiatan pertemuan tatap muka (PTM) terbatas mulai tanggal 1 April 2022. Rabu (30/03), di Gedung Dekanat FMIPA.

Heri Satria, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama mengungkapkan rencana ini berdasarkan Surat Edaran Rektor Nomor 6 tahun 2022 tentang "Pembelajaran Daring dan Tatap Muka (Luring) Semester Genap 2021/2022 di Lingkungan Unila".

Surat Edaran Rektor Nomor 6 tahun 2022

                                                  

Pada surat edaran tersebut dijelaskan secara rinci tiga tahap untuk melakukan PTM, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pemantauan. Sebelumnya, pihak Dekanat FMIPA telah mengeluarkan Surat Edaran Dekan Nomor 541 pada 28 Januari 2022 dan telah disosialisasikan pada semua kepala jurusan dan dosen. Untuk pelaksanaannya, dilakukan dengan persetujuan dan teknis perkuliahan diberikan kewenangan sepenuhnya pada masing-masing jurusan dan dosen yang terkait. 

“Apa yang kita lakukan sekarang dari pertengahan sampai akhir semester adalah melanjutkan apa yang sudah kita lakukan sebelumnya dengan sedikit peningkatan aktivitas terutama riset di laboratorium,” jelas Heri.

Heri menuturkan, dilihat dari status PPKM yang kini telah menurun menjadi PPKM level 2, kuota kelas sudah dapat diisi dengan kapasitas 75% yang semulanya hanya 50%. Namun, karena kegiatan perkuliahan sudah berjalan setengah semester dan memasuki awal bulan ramadan, akan ditinjau kembali kesiapan kelas untuk kegiatan PTM terbatas ini. Apabila setelah ditinjau oleh para dosen dan dirasa kelas memadai untuk melaksanakan kegiatan kuliah offline, maka pelaksanaan PTM akan terus dilanjutkan. 

"Perlu kita perhatikan lagi kelanjutan dari pendidikan kita selama masa pandemi ini. Kita harus hati-hati, bukan hanya keyakinan saja, tapi aspek-aspek lain perlu diperhatikan," jelas Heri.

Untuk mengantisipasi kurangnya kelas, pihak fakultas membuat peraturan bahwa kelas disetiap jurusan merupakan “milik” fakultas, yang artinya kelas masing-masing jurusan dapat digunakan oleh mahasiswa dan jurusan lain. 

Adapun syarat yang harus ditaati untuk mengikuti PTM terbatas ini adalah setiap dosen maupun mahasiswa sudah melakukan vaksin minimal dua kali dan sudah terhubung ke aplikasi PeduliLindungi karena masing-masing kelas akan diberikan QR code. Kemudian, diharapkan tidak ada mahasiswa yang sakit dalam kelas tersebut. 

"Setelah kita kaji, ternyata pelaksanaannya tidak instan seperti itu. Di edaran rektor juga sudah dikatakan, diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa dimulai pertengahan semester genap pada 1 April 2022 dengan catatan menurunnya level pandemi Covid-19, pembelajaran tatap muka terbatas," ungkap Heri.

Heri berharap, pelaksanaan PTM terbatas ini juga dapat dilaksanakan untuk mahasiswa baru Angkatan 2022. Beliau optimis, FMIPA sudah siap menyambut 3700 mahasiswa dan melakukan PTM menyeluruh semester ganjil 2022. 

(Inez dan Sugar)




Related

News 4141741032119098274

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item