Pola Hidup Sederhana Demi Kesehatan Tubuh

Doc. freepik.com Kesehatan merupakan syarat penting untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Apalagi di masa pandemi sekarang ini, tentulah sa...

Doc. freepik.com

Kesehatan merupakan syarat penting untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Apalagi di masa pandemi sekarang ini, tentulah sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh yang prima setiap hari salah satunya dengan pola hidup sehat. Menjaga pola hidup sehat ini selain membutuhkan komitmen yang kuat perlu juga kekonsistenan. 

Pola Hidup Sederhana

Mengutip dari qoala.com, ada beberapa pola hidup yang sederhana yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

1. Mengatur Pola Makan

Dengan mengatur pola makan, tidak hanya menjaga metabolisme tubuh agar selalu prima, tapi juga membuat sistem percernaan tidak bekerja lebih keras lagi untuk memproses makanan. Makan tepat waktu juga dapat menghindari penyakit obesitas.

2. Memperhatikan Gizi Makanan

Hal pertama yang paling mempengaruhi pola hidup sehat adalah gizi makanan yang dikonsumsi setiap hari. Usahakan dalam satu piring makanan terdapat karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Dengan memperhatikan gizi makanan yang masuk, maka kamu akan mendapatkan tubuh yang ideal dan sistem pencernaan yang sehat.

3. Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan

Pastikan asupan air putih harian sudah tercukupi dengan baik. Jika kita kurang mengkonsumsi air setiap hari akan membuat tubuh dehidrasi dan hal ini akan berpengaruh buruk pada sistem metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, kamu bisa membawa botol air minum sendiri kemanapun kamu pergi dan selalu menyediakan air di meja kerja atau di kamar tidur.

4. Menjaga Kesehatan Diri

Perilaku hidup sehat bukan hanya dari makanan dan minuman, tapi juga tentang kebersihan. Dengan menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan sekitar secara teratur akan membuat tubuh jadi lebih nyaman dan rileks dan terhindar dari segala macam penyakit.

5. Berolahraga

Dengan berolahraga bisa membuat tubuh mengalami peregangan dan melancarkan sirkulasi darah ke otak. Untuk menjaga tubuh tetap sehat, kamu perlu melakukan olahraga minimal 2,5 jam setiap minggunya seperti berlari, bersepeda, berenang, senam, atau yoga di dalam kamar.

6. Tidur dan Beristirahat dengan Cukup

Meskipun sudah mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga yang cukup, namun akan sia-sia jika kamu tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Tidur adalah kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi untuk menuju pola hidup sehat serta menjadi salah satu fondasi agar pikiran dan tubuh yang sehat bisa terbentuk. Terganggunya waktu tidur akan mempengaruhi imunitas tubuh, mengakibatkan tubuh kekurangan energi, mengganggu selera makan, dan menimbulkan rasa cemas. Usahakan untuk menjaga waktu tidur 7-9 jam setiap malam dan menghindari tidur terlalu malam atau begadang.

Dengan menerapkan pola hidup sehat diatas secara konsisten, kamu akan mendapatkan manfaat jangka panjang dan kehidupan yang lebih berkualitas dan bahagia mulai dari hari ini hingga tua nanti. Jadi, jangan anggap remeh dengan permasalahan kesehatan saat ini karena akan berefek dimasa depan.

(Nuraisyah Fatihasari)

Related

Kesehatan 8913615759287803499

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item