Sejajarnya Planet di Langit, Adakah Dampak ke Bumi?

mediamagelang.pikiran-rakyat.com Sobat Natural! Kalian sudah dengar belum, soal kabar planet-planet yang akan berada pada posisi sejajar? Ka...


mediamagelang.pikiran-rakyat.com


Sobat Natural! Kalian sudah dengar belum, soal kabar planet-planet yang akan berada pada posisi sejajar? Kabarnya, fenomena ini akan terjadi pada akhir bulan Juni 2022 ini, lho, Sobat! Lantas, pertanda apa ya? Apakah terdapat dampak buruk pada Bumi?

Sobat tidak perlu khawatir, ini bukan pertanda buruk apapun, apalagi ombak dahsyat besar seperti kata Jack Kahuna Laguna. Fenomena ini hanya akan menampilkan sejajarnya planet di langit bumi tanpa dampak apapun ke Bumi. Biasanya fenomena ini disebut sebagai konjungsi, keadaan dimana benda langit terlihat berpapasan atau berdekatan satu sama lain. 

Dilansir dari laman National Geographic, fenomena sejajarnya planet ini melibatkan lima planet terdekat Bumi, yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Tak hanya itu, planet Neptunus dan Uranus juga akan terlihat sejajar meski dengan cahaya yang pudar. Konjungsi bukanlah hal yang jarang terjadi, biasanya hanya melibatkan dua hingga tiga planet saja. Namun, fenomena bulan ini termasuk hal langka karena terakhir kalinya lima planet terdekat Bumi terlihat dalam posisi sejajar pada tahun 2004 lalu. 

Fenomena ini terjadi sejak tanggal 17 Juni lalu dan akan tampak makin memukau pada 24 Juni mendatang. Sejajarnya planet-planet ini dapat terlihat di sebagian besar belahan bumi meski wilayah tersebut berada di dataran rendah. Sobat dapat melihat planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus dengan mata telanjang. Sedangkan untuk dua planet raksasa Uranus dan Neptunus masih membutuhkan alat bantu seperti teropong atau teleskop.

Meskipun terlihat sejajar, planet-planet ini tidak serta-merta berada pada satu garis, lho, Sobat. Alasan terjadinya kesejajaran ini karena tampilan dari sudut pandang kita di Bumi, dimana pada kenyataannya, planet-planet tersebut akan tetap berada pada orbitnya masing-masing mengitari Matahari. Selain itu, jarak yang terlihat berdekatan juga dipengaruhi sudut pandang Bumi yang mana sebenarnya tiap planet berjarak jutaan kilometer.

Waktu terbaik untuk melihat fenomena ini adalah saat pagi, sekitar satu jam hingga 30 menit sebelum matahari terbit. Planet-planet ini akan terlihat menghiasi langit pagi dengan cahaya Venus yang paling terang. Selain planet, bulan sabit juga akan turut mempercantik pemandangan langit. Jangan sampai ketinggalan, ya, Sobat! Sebab fenomena ini terjadi tiap 18-19 tahun sekali dan akan kembali muncul pada tahun 2040 mendatang.

(Sugar)

Related

Saintek 8451597972315888031

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item