Rabu, 17 Agustus 2022

Rekomendasi Film Bertemakan Kemerdekaan

 

 
Liputan6.com


Hari kemerdekaan tidak terlepas dari beragam acara lomba yang diikuti oleh anak-anak hingga orang dewasa seperti, lomba makan kerupuk, paku dalam botol, dan acara lomba lainnya. Namun, tidak hanya kegiatan outdoor saja yang menarik untuk mengisi hari kemerdekaan. Salah satu kegiatan menarik lainnya yang dapat dilakukan bersama keluarga adalah menonton film. Tentunya dengan menonton film bertemakan kemerdekaan, hal itu dapat membangkitkan rasa nasionalisme kita sekaligus menambah wawasan tentang sejarah negara sendiri.


Berikut ini rekomendasi film yang bagus menurut MiNat yang cocok untuk ditonton bersama keluarga di hari kemerdekaan ini:

 

1. Merah Putih


Di urutan pertama ada film Merah Putih. Film yang dirilis pada 13 Agustus 2009 oleh sutradara Yagi Sugandi ini menceritakan tentang perjuangan melawan tentara Belanda pada tahun 1947, tepatnya saat terjadi peristiwa Agresi Militer Belanda I ke jantung pemerintahan Republik Indonesia di Jawa Tengah. Film yang berdurasi 108 menit ini diperankan oleh Lukman Sardi sebagai Amir, Donny Alamsyah sebagai Tomas, Teuku Rifnu sebagai Dayan, Zumi Zola sebagai Soerono, dan Darius Sinathrya sebagai Marius.


2. Soekarno


Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini berdurasi 136 menit menceritakan tentang kehidupan Soekarno sebagai presiden pertama sekaligus proklamator Republik Indonesia. Dalam film ini ada banyak hal menarik tentang Soekarno yang diungkap, seperti latar belakang pergantian nama beliau dari Kusno menjadi Soekarno. Film ini dibuat dengan akurasi sejarah yang tepat sehingga mampu menyabet gelar film terpuji di festival film bandung ke-27 pada 2014.


3. Perburuan


Film ini menceritakan tentang Pasukan tentara pembela tanah air (PETA) yang melawan penjajahan Jepang di Indonesia. Film yang disutradarai oleh Richard Oh ini dibintangi oleh Adipati Dolken sebagai Hardo yang keberadaanya diburu oleh Jepang sebelum proklamasi kemerdekaan republik Indonesia.


4. Sang Kiai


Film berlatar pada tahun 1942 ini menceritakan tentang perjuangan para Kiai dan pejuang Indonesia dalam melawan penjajah Jepang. Pada saat itu, Jepang yang mengekspansi Indonesia melarang adanya pengibaran bendera merah putih dan pemutaran lagu Indonesia raya. Selain itu, Jepang juga memaksa rakyat Indonesia memberi penghormatan kepada matahari (sekerei) yang dipercaya sebagai Tuhan mereka. Konflik dimulai ketika K.H Hasyim Asy’ari ditangkap oleh prajurit Jepang karena menentang perintah tersebut. 


Film ini sukses meraih empat penghargaan, yaitu Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor pendukung terbaik, dan musik terbaik.


Demikian rekomendasi film yang bisa Sobat Natural saksikan bersama keluarga dalam mengisi hari kemerdekaan. Ingat kata-kata dari Proklamator kita, “Jangan sekali-kali melupakan sejarah”. Sebagai generasi penerus, sudah sepatutnya kita menghargai perjuangan para pahlawan dengan cara mempelajari sejarah salah satunya dengan menonton film yang bertemakan kemerdekaan.



(Sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HIMAFI Gelar Workshop Karya Tulis Ilmiah

Dok. Natural Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) mengadakan...